Image
12 Dec

PERLUKAH MENGGUNAKAN BABY WALKER UNTUK BAYI?.

Baby walker atau walker bayi adalah benda yang bentuknya berupa persegi, dengan roda di tiap sisi bawahnya, dilengkapi dengan kain di tengahnya sebagai tempat duduk bayi. Kadang di bagian atasnya dipasang mainan untuk bayi atau didesain untuk meletakkan gelas dan piring bayi.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa penggunaan baby walker tidak membantu proses belajar berjalan. Malahan bisa bikin bayi jadi malas berjalan. Selain itu, otot betis bayi tidak semua sudah mampu dipakai menahan beban berjalan. Bila orangtua memaksakan anak menggunakan baby walker, hal ini bisa bikin cedera bahkan risiko cacat pada kaki bayi.

Perlu diketahui, bahwa bayi cenderung menggunakan jari-jari kaki mereka ketika berada di walker. Cara berjalan jinjit atau pakai jari inilah yang akan mengencangkan otot kaki mereka dan mengganggu perkembangan berjalan secara normal.

Selain itu, coba perhatikan setelah bayi keluar dari walker, kemungkinan mereka tetap menggunakan jari-jari kaki mereka untuk berdiri atau berjalan. Padahal, seharusnya bayi berjalan dan menahan tubuhnya dengan seluruh telapak kakinya, bukan hanya bertumpu pada jarinya.

Di banyak negara maju, pemakaian baby walker sudah dilarang. Untuk itu, biarkan saja bayi berdiri berpegangan pada tangan Anda atau benda kokoh di sekitarnya. Begitu merasa nyaman dan percaya diri, ia akan mencoba berpindah tempat, alias merambat – dan akhirnya berjalan juga.

Comments

Blog Lainya