Image
28 Feb

PERKEMBANGAN JANIN USIA 8 BULAN.

Perkembangan janin 8 bulan bisa dikatakan adalah perkembangan yang hampir mendekati persalinan atau kelahiran janin ke dunia ini.


Ibu hamil yang usia kehamilannya memasuki 8 bulan sudah harus memeriksakan kandungan secara rutin setiap dua minggu sekali. Hal itu dikarenakan semakin mendekati persalinan ibu hamil harus rutin mengecek kondisi janin yang ada di dalam kandungannya.


Ibu hamil harus mengetahui perkembangan apa saja yang bisa dilalui atau terjadi pada janin yang dikandungnya. Ibu hamil akan dikejutkan dengan perkembangan dan pertumbuhan janin yang ada di dalam kandungannya. Berikut ini perkembangan janin yang harus diketahui oleh ibu hamil :


1- Saat usia kehamilan 8 bulan, janin sudah sangat aktif di dalam perut ibu. Ibu dan janin memiliki ikatan batin yang kuat. Jika ibu hamil stress, janin di dalam kandungan seolah mengerti dengan perasaan ibunya. Janin akan terus bergerak dan membuat perut ibu hamil tidak rata. Janin baru bisa diam ketika perasaan ibunya tenang dan bisa meredakan stressnya.

2- Otak janin juga sudah berfungsi secara aktif, oleh sebab itu ibu hamil perlu mendukung pertumbuhan otak janinnya tersebut. Untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan otak janin ibu hamil harus mengkonsumsi suplemen, vitamin dan makanan sehat untuk ibu hamil yang bergizi.

3- Semua indera pada janin sudah mulai berfungsi.

4- Janin lebih aktif saat siang hari maupun malam hari.

8- Perkembangan janin 8 bulan telah terbentuk dengan sempurna. Posisi janin pun seharusnya sudah berada di atas panggul dan saat usianya 9 bulan kepala janin akan masuk ke dalam panggul. Posisi tersebut disebut dengan cephalic.

9- Paru-paru janin sudah terbentuk sempurna namun pematangan akan terjadi pada perkembangan janin 9 bulan.

10- Plasenta atau ari-ari sudah mencapai kematangan. Plasenta dibalut dengan cairan seperti cairan gelantin, sehingga ketika janin bergerak janin tidak akan terbelit dengan plasenta atau ari-arinya sendiri.

11- Mata janin sudah lebih fokus dibandingkan dengan bulan sebelumnya, janin bisa berkedip.

12- Ibu hamil bisa tahu kapan janin tidur dan kapan janin bangun.

13- Perkembangan janin 8 bulan sudah memiliki berat 1,8 kg dan panjangnya adaah 45-50 cm. Dengan panjang janin tersebut wajar jika janin merasa tidak nyaman berada di dalam rahim karena tubuh janin yang semakin membesar. Tidak hanya itu saja, wajar jika kantung ketuban di dalam rahim juga terasa sempit dan air ketuban sedikit.

14- Cairan ketuban sudah dalam tahap yang maksimal, setelah itu cairan ketuban akan mengalami pengurangan.

15- Gerakan janin meningkat sebanyak 375 kali dalam sehari namun ibu hamil tidak akan merasakan semua gerakannya. Ibu hamil paling sedikit akan merasakan gerakan janin sebanyak 10 kali dalam seharinya.

16- Pengenceran darah akan terjadi saat usia janin masuk usia 8 bulan.

17- Ibu hamil harus berhati-hati dengan kelainan yang dimilikinya, terutama ibu hamil yang memiliki kelainan jantung, mengalami hipertensi dalam kehamilan dan juga kelainan pre eklamsia. Pengenceran darah yang terjadi saat usia kehamilan 8 bulan membuat jumlah darah pada ibu hamil semakin banyak sehingga kerja jantung pun bisa meningkat. Ibu hamil yang memiliki kelainan jantung bisa memperbesar peluang untuk penjepitan pembuluh darah. Setelah penjepitan pembuluh darah terjadi, ibu hamil akan mengalami tekanan darah tinggi. Gangguan kehamilan tersebut akan berbahaya bagi ibu hamil dan juga pada janin yang di dalam rahimnya.


Sumber : hamil(dot)co(dot)id

Comments

Blog Lainya