Image
30 Jan

PERKEMBANGAN JANIN USIA 4 BULAN.

Ibu hamil yang memasuki usia kandungan 4 bulan akan dikejutkan dengan perkembangan janin yang ada di dalam rahimnya. Memang perkembangan janin baru bisa terdeteksi melalui manfaat USG kehamilan, namun ibu hamil sekiranya bisa merasakan berbagai macam perubahan di dalam dirinya dan di dalam rahimnya.


Berikut ini perkembangan janin yang ada di dalam rahim sang ibu yang harus diketahui :


1- Saat usia 4 bulan, janin akan mulai mendewasakan dirinya terutama di bagian tubuh janin. Dinamakan pendewasaan dikarenakan organ pada janin sudah ada semua, tinggal pematangan dan pendewasaannya saja.

2- Organ yang mengalami pendewasaan adalah organ bagian telinga luar, telinga luar sudah terbentuk bahkan sudah mulai mengeras.

3- Saat usia ini janin sudah bisa mendengarkan suara dari luar. Petugas medis, bidan dan dokter kandungan akan menyarankan kepada ibu hamil untuk selalu mengajak berbicara janin yang ada di dalam rahimnya. Hal ini dikarenakan janin sudah bisa mendengarkan suara dari luar.

4- Pendengaran janin akan terus berkembang sampai usia perkembangan janin 7 bulan.

5- Janin bisa merespon suara yang di dengarnya, terutama janin akan merespon suara ibunya.

6- Paru-paru janin sudah bisa tumbuh secara sempurna.

7- Janin mulai belajar bernafas.

8- Wajah bagian luar janin sudah terbentuk, sehingga samar-samar ibu bisa melihat wajah janinnya.

9- Perkembangan janin 4 bulan sudah bisa merespon suara ibu dengan gerakan.

10- Mata atau indera penglihatan janin belum sempurna dan belum mampu melihat. Namun indera penglihatan janin sudah mulai merasakan sensitif terhadap cahaya yang datang ke arahnya. Jika di atas perut ibu hamil diberikan sinar terang, bayi akan menutupi matanya dengan tangannya. Alasannya adalah bayi sudah mulai sensitif dengan cahaya.

11- Jaringan kulit kepala janin sudah mulai terbentuk.

12- Syaraf otak janin sudah mulai berkembang lebih sempurna dibandingkan sebelumnya.

13- Alis janin sudah mulai tampak.

14- Janin sudah bisa melakukan gerakan berupa menghisap jempol-jempol tangannya. Tidak hanya itu saja janin sudah bisa melakukan peregangan di tubuhnya, bisa menelan kencing dan juga bisa cegukan.

15- Ukuran janin sebesar 5,5 inci dengan detak jantung yang bisa dirasakan lewat USG ataupun lewat perasaan ibu hamil.

16- Janin sudah memiliki panjang dan juga berat. Saat usianya 4 bulan, berat janin sekitar 135 gram dan panjangnya sekitar 16 cm.

17- Ibu bisa merasakan gerakan janin dengan meraba perutnya.

18- Rambut halus pada janin mulai terbentuk.

19- Plasenta dalam tahap ini mulai terbentuk secara sempurna dan sudah bisa menjalankan fungsinya secara penuh.

20- Otot janin mulai terbentuk dengan kuat.

21- Sistem pencernaan janin sudah bisa menjalankan fungsinya. Selama 24 jam, janin sudah bisa menelan air ketuban sebanyak 450 sampai dengan 500 ml setiap harinya.

22- Organ hati janin sudah bisa membentuk darah, bisa membentuk metabolisme hemoglobin dan juga bilirubin. Hati janin bisa menubah bilirubin menjadi biliverdin yang disalurkan menuju ke usus janin sebagai sisa metabolisme dari tubuh janin.


Sumber : hamil(dot)co(dot)id

Comments

Blog Lainya