Image
20 Feb

PERKEMBANGAN JANIN 7 BULAN.

Ibu hamil harus terus memantau perkembangan janin yang ada di dalam kandungannya. Pentingnya pemantauan tersebut untuk melihat apakah janin yang ada di dalam kandungan berkembang sesuai dengan usia kehamilan atau tidak. Berikut ini perkembangan janin yang harus diketahui oleh ibu hamil saat usia kandungannya memasuki usia 7 bulan :


1- Saat usia 7 bulan jaringan lemak pada janin mulai mengalami penumpukan. Lemak-lemak tersebut disebut dengan verinix. Verinix menutupi kulit janin sehingga kulit janin tidak akan basah jika terkena cairan ketuban. Verinix tersebut juga bisa membuat tubuh janin terasa hangat meski ada di dalam cairan ketuban.

2- Otak dan fungsinya sudah mulai berkembang secara pesat, permukaan otak mulai berkerut-kerut dan membentuk jaringan yang lebih sempurna. Otak dilengkapi dengan sel-sel syaraf. Sel-sel syaraf tersebut terlapisi dengan lemak yang membuat proses penyampaian rangsangan dapat diterima otak dengan cepat. Otak janin akan mengalami perkembangan pesat saat usianya 7 bulan sampai anak berusia 5 tahun.

3- Alat kelamin janin sudah mulai terlihat, namun hal ini bisa saja berubah. Jika janin berjenis kelamin perempuan maka jenis kelaminnya bisa berubah menjadi laki-laki, sedangkan jika jenis kelaminnya laki-laki maka jenis kelamin tersebut tidak akan berubah. Alasannya adalah saat jenis kelamin terdeteksi wanita bisa saja penisnya belum muncul dan kelihatan.

4- Jika jenis kelamin janin anda seperti ciri ciri hamil anak laki- aki, saat usia 7 bulan kantung skrotum mulai terbentuk.

5- Janin sudah bisa bermimpi.

6- Janin laki-laki akan membuat rahim berada sekitar 8 cm di atas pusar.

7- Gerakan janin semakin kuat dan semakin sering.

8- Denyut jantung janin mulai bisa terdengar lebih keras.

9- Perkembangan janin 7 bulan masih terlihat kurus tubuhnya, meski sudah memiliki berat 1100 gram atau satu kilo lebih satu ons. Panjang janin sekitar 35 sampai dengan 38 cm.

10- Rambut di bagian kepala mulai tumbuh semakin lebat dibandingkan sebelumnya.

11- Alis dan kelopak mata sudah mulai terbentuk lebih sempurna.

12- Selaput yang menutupi bola mata janin sudah mulai hilang.

13- Janin mulai tidak merasa nyaman ketika berada di dalam rahim sebab ukuran badan janin yang semakin bertambah, janin akan merasakan kondisi rahim yang semakin sempit. Tidak heran jika janin akan bergerak terus-terusan untuk mencoba mencari posisi nyaman di dalam rahim ibu. Manfaat USG kehamilan yang biasa dilakukan, tidak jarang menunjukkan kaki janin berada di bawah sedangkan kepalanya berada di atas seperti bayi sungsang.

14- Perkembangan janin 8 bulan sudah memiliki kemampuan melihat karena selaput yang menutupi bola matanya telah hilang. Di dalam rahim janin hanya bisa melihat uterus ibunya. Kondisi uterus yang gelap dan juga terang kelak bisa membuat janin bisa membedakan mana waktu siang dan mana waktu malam.

15- Pendengaran janin sudah mulai sempurna, kini tidak hanya suara ayah dan ibunya yang bisa dia dengar. Janin akan membedakan dan suara musik pun bisa dia dengarkan dari dalam rahim sang ibu.

16- Indera perasaan janin sudah mulai sempurna, indera perasaan itu berguna bagi janin untuk mengetahui apa yang dimakan oleh ibunya.

17- Paru-paru janin sudah mulai digunakan untuk bernafas meski kondisinya masih belum sempurna. Janin sudah bisa melakukan gerakan yang bisa melatih otot pernafasannya.

18- Tulang janin saat usianya memasuki 7 bulan mulai sempurna.

19- Kulit janin yang tadinya kendor akan lebih kencang saat usianya 7 bulan.

20- Janin sudah bisa melakukan gerakan membuka dan menutup matanya.

21- Tubuh janin saat usia ini akan memproduksi banyak lemak sampai usia perkembangan janin 9 bulan. Lemak tersebut sangat berguna bagi janin yang ada di dalam rahim.


Sumber : hamil(dot)co(dot)id

Comments

Blog Lainya