Image
06 Aug

Kriteria Kambing Aqiqah.

“Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Untuk anak laki-laki dua ekor kambing yang berdekatan umurnya dan untuk anak perempuan satu ekor kambing.” (HR. Ahmad 6/422 dan at-Tirmidzi 1516).

Namun, ada hadist yang mengatakan bahwa untuk bayi laki-laki boleh disembelihkan satu ekor kambing atau domba saja. Hal ini sebagaimana yang dilakukan oleh Rasulullah SAW aqiqah untuk sang cucu, Hasan dan Husain, adalah dua ekor kambing atau domba.

“Adalah Rasulullah SAW menyembelih hewan aqiqah untuk Hasan dan Husain masing-masing satu ekor kambing.” (HR. Ashabus Sunan).

Dan untuk beraqiqah tentunya harus memperhatikan kambing yang akan di aqiqah kan.

Dari Jabir Radhiyallahu ta`ala ‘anhu, Rasulullah bersabda, “Jangan kalian menyembelih kecuali hewan yang sudah memenuhi umur, kecuali seandainya sulit bagi kalian. Jika sulit bagi kalian maka sembelihlah jada-a dari domba.”

“Empat macam binatang yang tidak sah dijadikan qurban : 1. Cacat matanya, 2. sakit, 3.Pincang dan 4.Kurus yang tidak berlemak lagi “ (HR Bukhari dan Muslim).

Aqiqah anak yaitu ibadah, sehingga hendaknya kita lakukan dgn sebaik-baiknya dan sesuai dengan tuntunan syariah dalam melaksanakannya dengan memperhatikan beberapa kriteria :

1. Cukup Umur

Yang dimaksud pass umur adalah minimal enam bulan dan sebaiknya sudah melewati satu tahun. Ini yaitu berdasarkan sabda Rasul dan pernyataan jumhur ulama.

2. Hewan Sehat dan tidak pincang

Periksa mulai sejak sejak dari mata, apakah buta kedua matanya atau buta sebelah, dahulu ekornya apakah sudah terpotong ekornya atau telinga. Setelah Itu anda juga harus memperhatikan dari sisi fisik kambing, apakah sedang sakit atau tidak. Seandainya ingin memakai jasa aqiqah, sebaiknya anda memakai jasa aqiqah yang benar-benar lah berdedikasi dan bukan amatiran.

3. Tidak Cacat

Sebetulnya bukan cacat yang tidak diperbolehkan, tetapi bila tanduk patah, gigi lepas dalam masa pergantian serta bulu rontok, sakit ringan dan saksikan sekian tidak sedikit penyakit atau tanya yang tidak membahayakan.


Comments

Blog Lainya