Image
14 Jan

FAKTA ANAK PERTAMA.

Pembentukan sifat anak memang ditentukan oleh banyak faktor, seperti pola asuh orang tua, gen yang diwariskan, lingkungan sekitar, pergaulan, hingga pendidikan yang ia terima. 


Namun ternyata salah satu faktor yang juga bisa mempengaruhi pembentukan sifat anak adalah urutan lahirnya. Jadi, ada beberapa sifat dan karakter yang menjadi ciri khas anak pertama, anak tengah, maupun anak bungsu. Berikut beberapa fakta tentang anak pertama.


1. Lebih Mandiri


Anak pertama cenderung tak memiliki masalah dalam menjelajahi dunia sendiri. Tumbuh besar dengan memiliki beberapa adik berarti orangtua fokus mengurus hal-hal lain sehingga anak pertama harus bisa mengurus dirinya sendiri.


2. Peduli Pada Orang Lain


Anak tertua dapat merawat dan menjaga adik-adiknya ketika orangtua membutuhkan bantuan. Si sulung terbiasa menghabiskan sebagian besar hidupnya untuk menemani adik-adiknya yang mungkin mencarinya untuk kenyamanan atau yang membutuhkan perlindungan.


3. Pemimpin


Tak hanya seorang pembelajar natural, anak pertama yang terbiasa diminta untuk menenangkan adik-adiknya juga adalah seorang pemimpin natural. Di rumah ia adalah pemimpin bagi adik-adiknya. Tak jarang kedua orang tuanya pun meminta pendapatnya atas apa yang terjadi di keluarga. Ditempa dari rumah sebagai pemimpin, ia pun siap untuk menghadapi berbagai tantangan dunia luar.


4. Pekerja Keras

Anak sulung cenderung beriorientasi pada prestasi. Memiliki adik membuat anak sulung lebih sulit untuk mendapatkan perhatian orangtua. Jadi, anak sulung bekerja keras untuk membuat orangtuanya terkesan, misalnya dengan memperoleh nilai baik di sekolah. Sifat inilah yang terus terbawa hingga ia dewasa.


5. Pengambil Keputusan


Anak sulung biasanya bersedia menuruti apa yang dikatakan oleh orangtua atau sosok yang memiliki kuasa. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Child Development menemukan bahwa anak pertama lebih mudah untuk menyesuaikan diri karena ia gampang membuat keputusan. Si anak pertama cenderung tak suka memberontak daripada anak kedua yang cenderung suka bertualang.


Sumber : theasianparent(dot)com

Comments

Blog Lainya