Image
22 Aug

8 Tips Simpan Daging Kurban Tahan Lama dan Tetap Aman Dikonsumsi.

INILAH 8 TIPS SIMPAN DAGING KURBAN TAHAN LAMA DAN TETAP AMAN DIKONSUMSI


1. Pisahkan tulang dengan daging dan pisahkan daging sesuai jenisnya Kadang ada tulang yang tercampur di dalam paket daging kurban yang Anda dapatkan. Pisahkan antara tulang dan daging. Pisahkan juga daging kambing dan daging sapi dan simpan secara terpisah. 2. Bersihkan daging tapi jangan mencucinya dengan air Kalau Anda melihat ada kotoran yang menempel pada daging, bersihkan dengan tangan dan jangan mencuci daging. Mencuci daging dengan air keran malah rawan membuat bakteri makin banyak di dalam daging. Anda boleh mencuci daging dengan air saat akan memasaknya, tapi kalau akan disimpan di dalam kulkas, sebaiknya jangan mencucinya.


3. Potong-potong daging Untuk lebih memudahkan penyimpanan dan saat Anda akan mengolahnya nanti, potong daging sesuai dengan ukuran yang Anda inginkan. Sebaiknya potong daging dengan ukuran sekali masakan, dan jangan dalam potongan yang terlalu besar agar saat dicairkan nanti bisa langsung diolah dan tak perlu disimpan kembali. 4. Masukkan daging dalam wadah kedap udara Anda bisa menggunakan kontainer yang kedap udara (kotak makan) untuk menyimpan daging di dalam freezer. Bisa juga menggunakan wadah atau piring styrofoam untuk meletakkan daging, lalu bungkus dengan plastik khusus pembungkus makanan (wrapping plastic) steril dan kedap udara. Pastikan tak ada udara yang bisa masuk ke dalam untuk mencegah bakteri berkembang biak. Anda juga bisa memasukkan daging dalam plastik bening (jangan gunakan kresek hitam) dan lakukan vakum atau pastikan saja tidak ada udara di dalamnya.


5. Letakkan 4 jam di kulkas (rak bawah) sebelum dimasukkan ke freezer Sebaiknya, daging tidak langsung masukkan ke dalam freezer tapi simpan dulu di suhu kulkas (rak bawah) selama 4-5 jam. Setelah itu, baru masukkan daging ke dalam freezer. Ini berguna agar daging tidak terlalu mengeras setelah dimasukkan ke freezer. 6. Tempelkan label Label berguna untuk mengetahui kapan daging itu dimasukkan ke dalam freezer dan jenis dagingnya. Saat Anda akan mengolah daging, gunakan daging yang lebih dulu masuk ke dalam freezer, baru ke yang paling akhir.


7. Perhatikan suhu freezer Suhu freezer Anda harus selalu pada titik minimal -18 derajat celcius. Dengan suhu yang konstan seperti ini, daging bisa bertahan hingga 3 bulan. Sebaiknya juga jangan membuka tutup freezer terlalu sering karena akan berpengaruh terhadap suhu di dalamnya. 8. Mencairkan daging Sebelum Anda mengolah daging yang baru Anda keluarkan dari freezer, sebaiknya letakkan daging dalam keadaan masih tertutup rapat di bawah air yang terus mengalir. Jangan gunakan air panas, gunakan air bersuhu normal dan tunggu hingga daging cukup empuk untuk dipotong-potong. Cuci bersih dan segera olah daging yang telah empuk itu. Jangan bekukan lagi daging yang telah dicairkan sebelumnya, ya! Untuk memastikan apakah daging masih aman dikonsumsi, coba cium aromanya. Kalau aromanya sudah menyengat, sebaiknya jangan diolah lagi. Sumber : tribunbatam

Comments

Blog Lainya